Selasa, 28 Maret 2017

Ini Dia Contoh Surat Resign Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Resign Kerja - Di dalam dunia kerja terjadi berbagai macam peristiwa yang mungkin membuat Anda tidak merasa betah untuk bekerja di perusahaan tersebut atau mungkin Ada kepentingan dari diri Anda sendiri untuk memutuskan tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut. Jika Anda memang ingin mengundurkan diri dari suatu perusahaan maupun instansi, maka Anda harus menyertakan surat kepada pimpinan. Surat ini merupakan media penyampaian suatu informasi secara tertulis dan resmi.
Contoh Surat Resign Kerja
Contoh Surat Resign Kerja
Agar Anda dapat keluar dari perusahaan atau instansi secara baik-baik dan terhormat, maka Anda harus membuat surat resign ini dengan bahasa yang sopan dan baik. Untuk itu simak informasi mengenai contoh surat resign kerja yang baik dan sesuai EYD agar Anda tidak meninggalkan citra yang buruk pada perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja. Dalam menulis contoh surat resign kerja ini Anda harus mengetahui mengenai beberapa hal tentang surat agar Anda tidak salah dalam penulisan surat.

1. Bagian-bagian surat
Surat resign ini termasuk ke dalam jenis surat dinas yang penulisannya formal. Surat yang baik dan benar harus memiliki bagian-bagian surat seperti,
  1. Kop surat - Atau biasanya disebut sebagai kepala surat ini terletak di bagian paling atas. Tujuan dari adanya kop surat ini untuk mengetahui nama dari instansi/perusahaan serta alamatnya.
  2. Tanggal surat - Tanggal surat ini berguna untuk mengetahui kapan surat dibuat dan penulisannya harus sesuai dengan EYD. Misalnya : 12 September 2016.
  3. Nomor surat - Nomor surat dicantumkan jika surat tersebut di kirim keluar instansi/perusahaan yang bersifat dinas/resmi.
  4. Lampiran - Lampiran ini di tulis jika surat tersebut memiliki selembar kertas/lebih yang berisi keterangan mengenai surat yang ditulis dan dikirim bersamaan dengan surat tersebut.
  5. Perihal/hal - Hal ini berfungsi sebagai petunjuk mengenai pokok isi surat. Dengan melihat perihal ini maka Anda langsung bisa mengetahui isi dari surat tersebut.
  6. Alamat yang dituju - Penulisan alamat ini sangat penting untuk menunjukkan kepada siapa surat tersebut dikirim.
  7. Salam pembuka - Salam ini berfungsi agar surat tidak terasa janggal. Biasanya dalam surat dinas tertulis dengan hormat. 
  8. Alinea pembuka - Alinea ini merupakan awal dari pembicaraan yang ditulis pada surat.Isi surat - Isi ini merupakan bagian surat yang penting. Pasalnya, isi surat ini berisi maksud dari surat dikirim. Jadi penulisannya harus jelas, tidak bertele-tele, dan sopan.
  9. Alinea penutup - Alinea penutup merupakan tanda percakapan dalam surat telah berakhir.
  10. Salam penutup - Berfungsi untuk menutup surat biasanya tertulis hormat saya.
  11. Tanda tangan - Tanda tangan ini merupakan bukti keabsahan dari surat.
  12. Nama terang  - Nama terang ini berfungsi untuk mengetahui siapa penulis dari surat.

2. Bentuk-bentuk surat
 
Bentuk lurus penuh (full block style)Adalah pengetikan semua bagian surat dari margin sebelah kiri, di-enter 2 kali setiap pergantian alinea.
Bentuk lurus (block style)Semua pengetikan bagian surat dari margin sebelah kiri, kecuali tanggal surat, perihal, salam penutup, tanda tangan, nama pengirim yang berada di margin kanan.

Bentuk setengah lurus (semi block style)Bentuk ini sama seperti bentuk block style namun setiap alineanya diberi 5 spasi.

3. Syarat-syarat penulisan surat
  • Menggunakan bahasa yang efektif dan mudah dimengerti
  • Kata-kata dalam surat tidak menyinggung dan meremehkan orang lainSampaikan maksud surat dengan jelas
  • Gunakan tanda baca yang benar
Setelah mengetahui cara menulis surat yang baik dan sesuai dengan EYD, berikut ini adalah contoh surat resign kerja

Contoh surat resign kerja bentuk lurus


CV TRIO JAYA
Jalan Ahmad Yani Nomor 112
WONOSOBO                                                                                                             14 September 2016

Yth. Pimpinan CV Trio Jaya
Jalan Ahmad Yani nomor 112
Wonosobo

                                                                                                            Hal : Pengunduran diri

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku pegawai dari CV Trio Jaya Wonosobo memberitahukan bahwa saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama              : Riski Maulana Dewantoro
No pegawai     : 654737
Jabatan            : Sales Marketing

Bermaksud mengajukan surat pengunduran diri sebagai seles marketing di perusahaan Bapak karena saya harus mengurus ibu saya yang sudah sakit parah. Surat ini saya buat dengan prosedur yang telah ditentukan perusahaan dan tidak ada maksud negatif apapun. Saya harap Bapak dapat menerima dan memahami keputusan yang telah saya ambil ini dengan besar hati. Saya juga berharap perusahan Bapak dapat memberikan hak-hak yang saya terima sesuai denga ketentuan yang berlaku di perusahaan Bapak.

Demikianlah surat ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama dari Bapak

                                                                                                            Hormat saya,

                                                                                                            Riski Maulana Dewantoro

Contoh surat resign kerja bentuk setengah lurus


PT INDO SEJAHTERA
Jalan Tentara Pelajar No. 12
JAKARTA SELATAN

27 Agustus 2016

Yth. Manager PT Indo Sejahtera
Jalan Tentara Pelajar No. 12
Jakarta Selatan
                                                                                                            Hal : Pengunduran diri

Dengan hormat,

Dengan ini saya yang yang bernama Aristi Laila Septiyani ingin mengajukan pengunduran diri dari PT Indo Sejahtera sebagai Sekretaris terhitung sejak tanggal 1 September 2016. Untuk itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada manager dan karyawan PT Indo Sejahtera yang telah bersedia menerima dan bekerjasama dengan saya di perusahaan ini.

Tak lupa saya juga meminta maaf khususnya untuk manager PT Indo Sejahtera jika selama saya bekerja di perusahaan Bapak banyak tutur kata dan perilaku yang kurang berkenan. Saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini karena saya harus ikut suami saya yang bekerja di luar kota. Untuk itu saya harap kemaklumannya dari Bapak.

Saya sampaikan terima kasih atas perhatian dan kerjasama Bapak.

Hormat saya,


Aristi Laila Septiyani

0 komentar:

Posting Komentar