Contoh Surat Permintaan Barang/Jasa Yang Benar

Contoh Surat Permintaan Barang - Di dalam dunia perdagangan, surat niaga atau surat bisnis memegang peranan penting. Surat ini dapat menghubungkan suatu perusahaan atau instansi kepada para pelanggannya maupun rekan bisnis. Dengan begitu kegiatan usaha akan tetap berjalan dan bisa semakin maju jika promosi usahanya dilakukan secara tepat dan cepat. Sebelum mengenal contoh surat permintaan barang/jasa, sebaiknya ketahui terlebih dahulu informasi berikut ini.
Contoh Surat Permintaan.Docx
Contoh Surat Permintaan.Docx

Macam-macam surat bisnis

  1. Surat permintaan barang/jasa  - adalah surat yang dibuat oleh calon pembeli kepada penjual untuk meminta keterangan mengenai produk atau jasa yang dijual atau yang ditawarkan. 
  2. Surat penawaran (offerte) - Adalah surat yang dibuat oleh penjual kepada pembeli yang berisi informasi mengenai produk atau jasa apa saja yang ditawarkan atau dijual. 
  3. Surat pesanan (order) - Adalah surat yang dibuat oleh calon pembeli kepada penjual untuk memesan sejumlah barang yang dibutuhkan. 
  4. Surat pengiriman barang - Adalah surat yang dibuat oleh penjual kepada pembeli yang isinya menerangkan barang yang akan dikirim bersamaan dengan barang yang bersangkutan. 
  5. Surat penerimaan barang - Yaitu sebuah surat yang dibuat oleh pembeli kepada penjual yang menerangkan bahwa barang yang dipesan sudah diterima dengan baik.
  6. Surat pengakuan penerimaan pembayaran - Adalah surat yang dibuat oleh penjual kepada pembeli yang berisi bahwa pembayaran barang yang dipesan telah diterima dengan baik.

Istilah-istilah bisnis

Di dalam dunia perdagangan Anda juga wajib mengetahui mengenai istilah-istilah bisnis yang biasa digunakan, agar Anda tidak salah paham nantinya.
  • Daftar harga  - Adalah sebuah daftar yang berisi harga-harga barang atau jasa yang ditawarkan dilengkapi dengan keterangan jual beli yang biasanya berbentuk buku atau selebaran.
  • Brosur - Adalah selebaran yang berisi keterangan barang atau jasa yang ditawarkan atau dipromosikan kepada calon pembeli. Brosur ini biasanya memuat jenis barang, merk barang, harga barang, syarat pembayaran dan lain-lain.
  • Katalog - Adalah daftar yang berbentuk buku atau selebaran berisi informasi mengenai jenis-jenis produksi dari suatu perusahaan tertentu.
  • Diskon - Adalah potongan harga yang diberikan oleh penjual kepada pembeli, jika pembeli memesan produk tertentu atau dalam jumlah tertentu atau dalam waktu tertentu.
  • Tanggal jatuh tempo - Adalah keterangan waktu pembayaran yang telah jatuh pada tanggal tertentu sesuai dengan kesepakatan penjual dan pembeli.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat permintaan barang/jasa
Dalam membuat contoh surat permintaan barang/jasa ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar surat yang dibuat dapat diterima dengan mudah oleh penjual. Tentunya ini memerlukan perencanaan yang matang serta informasi yang lengkap sebelum membuat suratnya. Cara membuat contoh surat permintaan barang/jasa ini hendaknya memperhatikan isi dari suratnya, karena ini merupakan bagian terpenting dari surat agar mudah dipahami oleh pembaca. Dalam pembuatannya isi surat sebaiknya berisi :
Jenis barang yang diinginkan
Pembeli memberitahukan jenis barang apa saja yang diperlukan untuk dibeli.

Jumlah barang yang yang diinginkan
Jumlah barang ini harus disertakan dalam membuat surat agar penjual tidak merasa kebingungan dengan berapa jumlah barang yang akan dipesan.
Kualitas barang dilengkapi dengan contohnya
Pembeli meminta agar penjual memberikan informasi mengenai kualitas barang yang dijual dengan mengirimkan sampelnya.
Diskon
Pembeli meminta agar penjual memberikan informasi mengenai potongan harga yang tersedia di setiap produk yang ditawarkan.
Syarat pembelian
Permintaan pembeli mengenai syarat pembelian ini akan memudahkan transaksi jual beli.

Cara membuat surat permintaan barang

Setelah Anda menyusun isi yang akan dimasukkan ke dalam contoh surat permintaan barang/jasa, tibalah saatnya membuat surat permintaan barang dengan pedoman sebagai berikut.
  1. Sebaiknya meminta agar diberikan keterangan yang sejelas mungkin mengenai barang-barang yang diinginkan.
  2. Berikan pernyataan yang jelas mengenai alasan apa saja yang membuat Anda tertarik untuk mengajukan surat permintaan barang.
  3. Berikanlah informasi yang jelas kepada pembaca agar mudah dipahami, bila perlu sertakan informasi atau data yang berhubungan dengan barang yang diinginkan.
  4. Akhiri surat dengan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung.

Contoh surat permintaan barang/jasa

CV MERDEKA JAYA
Jl. Banyuwani No. 132
BANDUNG
No : 34/PB/16                                                                                                   9 September 2016
Hal : Permintaan barang
Lamp : -
HK/JR

Yth. Direktur PT Kusuma
Jl. Maja Pahit No. 113
Jakarta

Dengan hormat,Berdasarkan iklan yang perusahaan Saudara pasang di harian “Kompas” tanggal 7 September 2016 mengenai produk semen unggulan dari perusahaan Saudara. Dengan ini kami beritahukan bahwa perusahaan kami sedang membutuhkan banyak semen guna melaksankan proyek pembangunan gedung yang bertingkat.

Terkait dengan proyek kami tersebut, maka kami bermaksud untuk meminta sejumlah informasi secara lengkap mengenai :
  • Harga dari semen
  • Cara pembayaran
  • Penyerahan barang
  • Diskon yang tersedia
Jika harga yang ditawarkan sesuai dengan kriteria kami, maka kami bersedia untuk memesan produk dari perusahaan Saudara dalam jumlah yang cukup besar. Kami juga mengharapkan potongan harga dari perusahaan Saudara.

Mohon segera kirim surat penawarannya, kami mengharap kerjasama dari perusahaan Saudara.
Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Manager CV Merdeka Jaya

Dendi Pramaja

Demikianlah informasi mengenai contoh surat permintaan barang/jasa yang efektif. Dalam pembuatan surat ini diperlukan adanya kreatifitas untuk mengolah kata, agar dapat mudah dipahami oleh pembaca, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman informasi. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan bagi Anda dan dapat dijadikan referensi dalam pembuatan surat permintaan barang/jasa.