Minggu, 12 Maret 2017

Contoh Surat Mutasi Pekerjaan Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Mutasi Kerja - Seperti yang telah diketahui bahwa surat adalah sebuah media komunikasi secara tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain, sedangkan mutasi pekerjaan adalah suatu keadaan dimana pegawai dipindahkan tugasnya dari satu instansi/perusahaan ke instansi yang lain ataupun masih dalam lingkup perusahaan tersebut namun dengan jabatan yang masih sama atau sejajar. Jadi tidak mengalami penurunan pangkat atau yang biasa disebut sebagai demosi. Mutasi ini biasanya hanya dipindahkan tempat kerjanya saja sedangkan jabatannya masih tetap dan gajinya juga tetap.
contoh surat mutasi kerja
Contoh Surat Mutasi Kerja
Dalam menulis contoh surat mutasi kerja, ada banyak hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Penyebab dari mutasi

Mutasi ini dapat terjadi karena keinginan dari pegawai itu sendiri maupun keinginan dari perusahaan.
Mutasi keinginan pegawai dapat terjadi karena :
  • Seorang pegawai yang merasa bekerja tidak sesuai dengan keahlian dan jabatan yang dimilikinya, sehingga merasa kesulitan dalam kerjanya.
  • Seorang pegawai yang merasa tidak senang dengan rekan kerjanya dan juga atasannya. Mutasi ini dapat dilakukan jika alasan yang disampaikan dapat diterima oleh akal.
  • Seorang pegawai yang merasa bahwa lingkungan atau tempat kerjanya tidak sesuai dengan keinginannya atau kondisi fisik.
Mutasi kehendak dari perusahaan, karena :
  • Perusahaan ingin memberitahukan kepada pegawai yang mengalami mutasi agar dapat mengerti bahwa mutasi ini bukanlah sebuah hukuman melainkan sebuah pemindahan tempat kerja dengan upaya untuk meningkatkan kualitas dan kelangsungan hidup dari pekerjaan pegawai.
  • Perusahaan ingin memberikan keyakinan kepada pegawai yang dimutasi bahwa pegawai tersebut tidak akan diberhentikan dari kerjaannya hanya karena ketidakmampuan dan ketidakcakapan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab  yang telah dibebankan kepadanya.
  • Perusahaan ingin memberikan warna yang berbeda pada jenis pekerjaan, jabatan, serta lingkungan kerja agar pegawai yang dimutasi tidak merasa jenuh dengan pekerjaanya. Ini akan menimbulkan semangat kerja yang tinggi dari para pegawai sehingga perusahaan akan lebih maju.

Macam-macam dari mutasi

Untuk membuat contoh surat mutasi kerja Anda juga harus mengetahui macam-macam dari mutasi itu sendiri. Baca juga : Contoh Surat Resign Kerja

Mutasi biasa

Mutasi ini merupakan pemindahan pegawai dari satu tempat ke tempat lain tanpa diikuti kenaikan jabatan atau yang biasa di sebut promosi. Mutasi ini mempunyai tujuan agar :
  • Memenuhi keinginan dari pegawai yang melakukan mutasi.
  • Mengisi kekosongan tempat di bagian maupun unit lain.
  • Dapat menempatkan pegawai sesuai dengan keahlian, kecakapan, ketrampilan di bidangnya, sehingga akan menambah kepercayaan diri dari pegawai untuk mengemban tugas dari perusahaan yang telah diberikan kepadanya.

Mutasi promosi

Yaitu pemindahan pegawai dari satu tempat ke tempat yang lain disertai dengan kenaikan jabatan. Jadi pegawai yang mengalami mutasi promosi ini beban dan tanggung jawabnya menjadi lebih besar. Mutasi ini dilakukan agar :
  • Menempatkan seorang pegawai ke dalam formasi jabatan tertentu dengan mengambil tenaga kerja dari dalam perusahaan. Biasanya orang yang dipilih untuk mutasi promosi ini adalah orang pilihan yang mempunyai kinerja bagus dan disiplin akan peraturan pekerjaan. Dengan naiknya jabatan ini maka hak yang akan diterima oleh pegawai tersebut menjadi lebih besar.
  • Membina karir pegawai. Pembinaan karir pegawai ini merupakan hal yang sangat diperlukan oleh pegawai. Pembinaan ini akan membuat pegawai menjadi lebih ahli dan cakap dibidangnya, sehingga akan lebih menguntungkan perusahaan.
  • Mengembangkan kemampuan pegawai. Ya, tentu saja dengan mutasi promosi ini kemampuan dari seorang pegawai akan jauh berkembang. Pasalnya, pegawai tersebut akan menemui masalah-masalah yang baru dan dituntut untuk lebih kreatif dalam memecahkan suatu masalah.

Tujuan dari mutasi

Anda pun wajib juga mengetahui mengapa mutasi ini dilakukan sebelum membahas mengenai contoh surat mutasi kerja.
 

Menempatkan pegawai sesuai dengan tempatnya

Proses seleksi dan penempatan awal pegawai belum tentu dianggap merupakan penempatan pegawai sesuai dengan tempat yang tepat. Dengan dilakukannya mutasi pekerjaan ini maka ini merupakan wujud dari revisi penempatan pegawai pada awal penempatan.

Meningkatkan gairah dan semangat kerja

Dalam menjalankan pekerjaannya terkadang seorang pegawai mengalami bosan dengan pekerjaan yang itu-itu saja. Dengan adanya upaya mutasi ini diharapkan menjadi warna baru bagi pegawai agar gairah dan semangat kerja meningkat.

Saling menggantikan

Jika suatu saat terdapat pegawai yang tidak masuk kerja karena sakit maupun ijin, maka kegiatan mutasi ini sangat berguna untuk menggantikan posisi di bagian yang kosong tersebut agar pekerjaan penting tidak tertunda dan tetap berjalan dengan lancar.

Contoh surat mutasi kerja

Setelah mengetahui informasi mengenai mutasi pekerjaan berikut adalah contoh surat mutasi kerja


Hal : Permohonan mutasi pekerjaan
Semarang, 10 September 2016
Yth. Direktur PT Maju Sejahtera
Jl. Kenanga No. 14
Semarang
 
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama            : Dicki Saputra
Pangkat/gol ruang    : Penata Muda/ III.a
Jabatan        : Sekretaris
Unit kerja        : Pemasaran
 
Dengan ini saya mengajukan surat permohonan pindah tugas dari bagian Pemasaran ke bagian produksi. Maksud dari kepindahan saya yaitu saya merasa kesulitan dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan juga rekan kerja saya.
Untuk bahan pertimbangan berikut saya lampirkan :
  • Fotokopi SK pangkat Terakhir
  • Fotokopi SK CPNS
  • Fotokopi SK PNS
  • Fotokopi DP3 Tahun Terakhir
  • Fotokopi Kartu Pegawai
  • Curicullum Vitae
Demikian surat permohonan ini saya buat, besar harapan saya agar permohonan ini dikabulkan.
Saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama dari Bapak.

Hormat saya,

Dicki Saputra, S.E
NIP. 19871004 201406 1 002
Demikian informasi mengenai contoh surat mutasi kerja yang dapat menjadi referensi Anda dalam menulis surat pengunduran diri. Semoga surat ini bisa berkenan di hati Pimpinan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar