Contoh Berita Acara Kegiatan Atau Rapat Yang Benar

Contoh Berita Acara - Dalam sebuah acara, terutama untuk acara-acara formal, pasti tak asing dengan dokumen yang dinamakan berita acara. Bagi orang awam mungkin dokumen ini tidak penting, namun bagi panitia atau penyelenggara kegiatan pasti berita acara sangat dibutuhkan. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa berita acara sama dengan notulen kegiatan, namun sebenarnya ada beberapa perbedaan yang mencolok antara berita acara dan notulen rapat. Jika notulen rapat hanya menyertakan susunan acara serta inti hasil rapat atau kegiatan, namun dalam berita acara akan terdapat penandatanganan ketua atau pihak lain yang dianggap penting dalam kegiatan tersebut.
Dengan begitu, bisa dibilang jika berita acara kegiatan/rapat jauh lebih akurat. Lalu bagaimanakah format berita acara? Apakah sama dengan notulen? Tentu saja lebih lengkap dan disusun lebih sistematik.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh berita acara kegiatan/rapat :
Contoh Format Berita Acara Rapat/Kegiatan
Dari contoh di atas, merupakan contoh format berita acara yang benar. Sesuai dengan contoh, beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat berita acara kegiatan/rapat antara lain yaitu kop. Bagian paling atas dari berita acara ini merupakan hal wajib yang tidak boleh ketinggalan dalam sebuah berita acara. Terlebih lagi jika berita acara dibuat oleh sebuah organisasi, instansi atau badan lain yang terstruktur dan berbadan hukum.
Kop pada berita acara kegiatan/rapat ini sama persis dengan kop surat, yaitu berisi antara lain nama instalasi, alat instalasi, nomer telephone, fax, email dan lain-lain yang merupakan informasi tentang instalasi tersebut.

Setelah itu, lanjut ke isi berita acara. Pertama pasti anda akan menjumpai bagian pembukaan. Bagian ini berisikan tentang kegiatan apa yang akan dituliskan. Dan berikutnya diikuti dengan kolom tangga, waktu, serta tempat kegiatan/rapat tersebut.
Mengapa perlu mencantumkan tanggal, waktu dan tempat? Karena berita acara ini merupakan dokumen yang cukup penting yang bisa digunakan atau sebagai acuan pada kegiatan mendatang.Setelah pembukaan, berikutnya akan disusul dengan bagian materi atau topik yang dibahas dalam kegiatan/rapat tersebut. Biasanya sekretaris atau notulis akan mencatat materi apa saja yang dibahas dalam rapat tersebut, dan penulisannya pun dibuat urut sesuai dengan pembicaraan di rapat.
Pada baris berikutnya, anda akan menuliskan beberapa orang yang bersangkutan dengan kegiatan tersebut, dalam hal ini bisa dibilang sebagai pimpinan dan pengurus. Antara lain berisikan tentang Pimpinan rapat, sekretaris, notulis serta narasumber. Untuk narasumber sendiri biasanya tidak hanya satu orang. Dan pada kolom narasumber ini akan tertulis juga asal narasumber tersebut. Biasanya akan diisikan dengan nama instalasi lain tempat narasumber bekerja.
Atau jika narasumber merupakan perorangan yang tidak tergabung dengan satu pun organisasi ataupun instalasi apapun, maka bisa diisikan dengan alamat narasumber. 
Jika semua narasumber sudah tertuliskan semua dengan lengkap, pada baris berikutnya diiskan dengan kata penutup yang sekaligus menjadi pangkal inti dari berita acara. Karena dalam paragraf penutup ini akan dituliskan hasil kegiatan/rapat. Biasanya hasil kegiatan atau rapat yang dituliskan dalam berita acara ini berbentuk daftar, sehingga akan mempermudah pengecekan.
Dan kolom berikutnya dalam berita acara ini adalah salah satu kolom terpenting, karena berisikan tanda tangan pajangan, pemimpin rapat serta notulis ataupun sekretaris. Tak hanya itu, pihak luar yang dianggap terpenting dalam kegiatan/rapat tersebut juga akan mencantumkan tanda tangannya. Penandatangan yang dilakukan oleh pihak-pihak tersebut membuktikan bahwa berita acara kegiatan/rapat sangat akurat dan terbukti sudah disetujui oleh semua pihak.
Untuk kolom terakhir pada berita acara adalah kolom yang berisikan nama-nama wakil peserta musyawarah. Wakil musyawarah ini biasanya akan berisikan beberapa nama.
Selain poin-poin tersebut, pemilihan kata dalam pembuatan berita acara juga sangat penting. Baiknya, anda harus menggunakan bahasa baku dengan penulisan yang sesuai dengan EYD. Penulisan yang sesuai dengan EYD ini antara lain termasuk jumlah titik yang digunakan, pengaturan spasi, pengaturan jarak antar poin dan beberapa hal kecil yang akan sangat mempengaruhi hasil akhir susunan berita acara yang anda buat.
Contoh Berita Acara Rapat Kegiatan
POKJA BUDIDAYA LAHAN PEKARANGAN

PNPM MANDIRI PERDESAAN POLA KHUSUS MP3KI
PROGRAM PENDAMPINGAN

Berkaitan dengan rencana pelaksanaan PNPM-Mandiri Perdesaan Pola Khusus MP3KI untuk Tahun Anggaran 2016 di Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta , maka pada hari ini :
            Hari / Tanggal             : ……………………………………
            Waktu                         : 08.00 s/d Selesai
            Tempat                        : Dusun Sabrang Pajangan Bantul
Telah diselenggarakan Pelatihan Budidaya Garut Program Budidaya Lahan Pekarangan Kegiatan PNPM-Mandiri Perdesaan Pola Khusus MP3KI skema percepatan yang dihadiri oleh peserta dari wakil-wakil kelompok/dusun serta unsur lain yang terkait di Kecamatan, sebagaimana tercantum dalam  Daftar Hadir Terlampir.
Materi atau topik yang dibahas dalam forum ini serta yang bertindak selaku unsur pimpinan rapat dan nara sumber adalah :
A.    Materi atau topik
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
B.     Unsur Pimpinan Rapat dan Narasumber:
Pimpinan Rapat           :  …………………………………                                        
Sekretaris /
Notulis : ............................................
Narasumber
1. . ………………………….…..      dari  …………………………
2.  ………………………….…..       dari …………………………
3. . ………………………….…..      dari  …………………………
dst
  
Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap materi atau topik diatas selanjutnya seluruh peserta memutuskan dan dapat menyepakati beberapa hal yang berketepatan menjadi keputusan Akhir Kegiatan ini, yaitu :
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
Demikian Berita Acara ini dibuat dan disahkan dengan penuh tanggung jawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya..

Bantul,
 ……………………….
Pemimpin Rapat                                                Notulis / Sekretaris


(______________________)                                   (______________________)
Mengetahui
Camat Bupati Bantul
(                                                     .)
NIP.
Mengetahui dan Menyetujui
Wakil dari Peserta Musyawarah

 Nama                                               Alamat                                               Tanda Tangan 
1.  …………………………..             ………………………………..          ………………
2.  …………………………..             ………………………………..          ………………
3.  …………………………..             ………………………………..          ………………