Contoh Surat Pernyataan Kerja Seperti Apa ? Ini Dia

Contoh Surat Pernyataan Kerja - Bagi anda yang masih belum bekerja dan masih berusaha mencari pekerjaan, pasti tak asing dengan yang namanya surat pernyataan kerja. Surat yang biasanya disertakan bersama dengan surat lamaran ini berisikan tentang pernyataan kesiapan bekerja, serta persetujuan lain yang bersangkutan dengan keluarga. Akan tetapi, sayangnya banyak yang masih kurang paham bagaimana cara menulis surat pernyataan kerja yang baik dan benar. Serta apa saja yang harus diperhatikan ketika menulis surat pernyataan.
 
Nah bagi anda yang ingin tahu apa saja hal yang harus diperhatikan ketika menulis surat pernyataan, sebelum kita lihat Contoh Surat Pernyataan Kerja yang baik, akan kita bahas terlebih dahulu tips bagiamana cara membuatnya, berikut beberapa diantaranya.
 
Pemilihan kata Karena digunakan untuk kepentingan formal, maka bahasa baku adalah pilihan yang tepat. Selain itu, hindari penyusunan kalimat dengan kata-kata yang bertele-tele atau langsung saja ke poin (inti) yang ingin disampaikan. Dengan kata lain, kalimat yang dituliskan dalam surat pernyataan tersebut baiknya kata baku yang membentuk kalimat singkat namun tetap dapat menjelaskan pokok pikiran secara jelas.
 
Tata penulisan Tata penulisan merupakan satu hal yang akan berpengaruh pada kerapihan surat pernyataan yang anda buat. Meskipun umumnya surat pernyataan dibuat dalam bentuk print out, namun kerapihan seperti rata kanan kiri, spasi dan pengaturan layout lainnya harus diperhatikan dengan baik.
Contoh Surat Pernyataan Kerja
Contoh Surat Pernyataan Kerja
Nah jika anda dapat memahami dengan baik apa inti dari 2 hal tersebut dan bisa menerapkanya pada surat pernyataan yang anda buat, maka hasilnya pun akan baik. Lalu bagaimana cara membuat surat pernyataan kerja yang baik dan benar? Berikut ini susunan atau sistematikanya.
  1. Judul dan KOP, bagian paling atas dari surat pernyataan kerja adalah judul “Surat Pernyataan” yang disertai dengan KOP surat. Biasanya KOP surat akan dicantumkan jika perusahaan terkait merupakan perusahaan yang sudah cukup besar.
  2. Data pembuat surat pernyataan, biasanya diisi dengan nama jenis kelamin, tempat tanggal lahir, nomer identitas, alamat dan lain-lain.
  3. Isi, pada bagian inti ini anda bisa menyampaikan apa yang ingin anda nyatakan. Biasanya berisikan tentang kesanggupan serta persetujuan dengan apa yang ditetapkan dari perusahaan tersebut. Selain itu juga sering kali berbentuk paragraf yang ditulis dengan tujuan menarik minat calon atasan, sehingga lamaran yang anda ajukan kemungkinan besar akan lebih mudah diterima.
  4. Penutup, biasanya diisikan dengan kalimat terimakasih atas perhatian dari pembaca.
  5. Pada bagian bawahnya kemudian disusul dengan tanggal pembuatan surat pernyataan, tanda tangan pembuat surat pernyataan beserta nama lengkap.
Sudah ada gambaran kah? Untuk lebih jelasnya, anda bisa mempelajari surat pernyataan kerja dari contoh berikut ini.

Contoh Surat Pernyataan Kerja

SURAT PERNYATAAN KERJA


Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama                        :  ---------------------------------------------------------------
Tempat/tanggal lahir :  ---------------------------------------------------------------
No. BPU                    :  ---------------------------------------------------------------
Alamat                       :  ---------------------------------------------------------------

Dengan ini menyatakan bahwa :

1. Bersedia ditempatkan diseluruh Wilayah kerja Perum Pegadaian seluruh Indonesia bila dinyatakan lulus seleksi final.
2. Bersedia ditetapkan sebagai pegawai dengan ikatan kerja tetap (PKWTT) dan / atau kontrak (PKWT) berdasarkan hasil seleksi yang ditentukan oleh Pegadaian.
3. Bersedia tunduk dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di PERUM Pegadaian.
4. Bersedia berangkat menuju tempat penempatan pertama dengan biaya sendiri.
5. Bersedia menanggung segala biaya transportasi dan akomodasi selama proses seleksi dari tempat tinggal peserta ke lokasi seleksi.
6. Bersedia mengganti biaya yang telah dikeluarkan untuk proses seleksi yang bersangkutan apabila setelah dinyatakan lulus final yang bersangkutan mengundurkan diri secara sepihak.
7. Bersedia diangkat dalam pangkat / grade setara dengan kualifikasi basik D3 sesuai penetapan oleh Perum Pegadaian dengan penghasilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PERUM Pegadaian.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan penuh kesadaran, saya bersedia dituntut dimuka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh perusahaan apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya ini tidak benar.

                                                                           ........................., .................................... 2016

      Mengetahui,                                                                     Yang membuat pernyataan
     orang tua / wali                                                                    
                                                                                                       Materai Rp 6000
..................................                                                             .....................................